Galilah ilmu sedalam samudera karena ilmu kunci dunia

Senin, 29 Oktober 2012


Sumpah Pemuda & Harapanku sebagai Pemuda Indonesia


 

Hari ini aku mau posting tentang sumpah pemuda, sebab pada tanggal 28 Oktober kemarin merupakan hari sumpah pemuda. Mungkin temen-temen sebagian udah ada yang tahu apa makna dari sumpah pemuda itu, kali ini aku akan kasih sedikit informasi mengenai isi sumpah pemuda. yaa... aku harap sedikit info ini bisa membuat orang mendapatkan ilmu.

  
     
Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Sumpah Pemuda:
Pertama, Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah  
                air Indonesia.
Kedua, Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa 
             Indonesia.
Ketiga, Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa  
             Indonesia.




Makna sumpah pemuda:

Sumpah pemuda merupakan suatu momentum dimana para pemuda Indonesia mengikrarkan suatu persatuan dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Para pemuda berusaha dengan segala kekuatan yang dimilikinya untuk memperoleh  kemerdekaan. 

Sumpah pemuda ini memiliki makna yaitu bahwa para pemuda Indonesia  memiliki tekad yang bulat untuk berbangsa, berbahasa, dan bertanah air satu yaitu Indonesia. Makna yang lain adalah, bahwa semangat yang terdapat pada jiwa pemuda Indonesia apabila di persatukan akan menjadi suatu kekuatan yang kokoh dalam melawan suatu ketidakadilan. 

Selain itu sumpah pemuda telah memberikan makna bahwa persatuan dan kesatuan akan menghapus segala jenis penjajahan di Indonesia, mereka bergabung dalam satu ikatan meskipun mereka berasal dari suku, daerah dan sifat yang sangat beraneka ragam, dan mereka bersatu dalam sumpah pemuda untuk mengangkat martabat Indonesia yang di injak-injak oleh Negara penjajah. Karena perjuangan inilah, sekarang ini kita dapat merasakan kemerdekaan dan terhindar dari penjajahan Negara lain. 


Sebagai pemudi Indonesia tentunya, aku mempunyai harapan untuk kemajuan Indonesia.

Harapanku yang pertama adalah aku ingin Indonesia menjadi Negara yang maju dan sejahtera selalu, dan tidak lupa untuk menjadikan ilmu keagamaan sebagai pedoman untuk memajukan bangsa. Aku berharap agar masyarakat Indonesia selalu mengingat perjuangan para pahlawannya. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah merupakan jasa para pahlawannya.

Harapanku yang kedua adalah aku ingin para pemuda dan pemudi Indonesia saat ini dapat mencontoh persatuan dan kesatuan yang diciptakan para pemuda dan pemudi Indonesia dalam sumpah pemuda. Alangkah semangatnya para pemuda Indonesia yang terdahulu untuk memperoleh kemerdekaan dengat mempersatukan semangat yang dulunya hanya golongan menjadi semangat yang kokoh yang di ikrarkan dalam sumpah pemuda. Dengan adanya rasa persatuan yang tinggi, pasti tidak ada lagi tuh, yang namanya tawuran pelajar, atau kekerasan.

Harapannku yang ketiga adalah aku ingin para pemuda Indonesia selalu mencintai bangsa Indonesia. Caranya gampang, kita tidak perlu gengsi menjadi pemuda Indonesia, selalu mencintai produk dalam negeri seperti batik, orang asing aja menyukai budaya yang ada di Indonesia,  masa kita orang asli Indonesia tidak bangga memiliki kebudaayan yang beraneka ragam, yang belum tentu semua Negara memiliki kebudayaan yang unik. Jagan sampai kebudayaan kita dicuri Negara lain, gara-gara kita cuek dan nggak peduli dengan kebudayaan Negara yang kita cintai yaitu Indonesia.

 
Rasanya, cukup itu yang dapat aku berikan sebagai ilmu hari ini. Semoga, sumpah pemuda ini, dapat membuat kita menjadi pemuda dan pemudi Indonesia yang lebih baik dari sebelumnya dan dapat mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar